Pengalamanku di Museum Ullen Sentalu – SMP DH’s Amazing Journey

19/02/2023

Oleh: Raden Kinanti Mustari – Kelas 81

Pada acara SMP Darul Hikam’s Amazing Journey lalu, saya berkesempatan mengunjungi Museum Ullen Sentalu. Museum Ullen Sentalu ini terletak di Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Museum ini menampilkan budaya dan kehidupan para bangsawan serta berbagai koleksi batik khususnya yang berasal dari daerah Jawa Tengah.

Dari semua ruangan yang ada di Museum Ullen Sentalu, ruangan lukisan adalah ruangan yang paling mengesankan bagi saya. Hal ini karena lukisan disini dibuat dengan menggunakan teknik 3D yang membuat lukisan seakan-akan terlihat nyata.

Di Museum ini, para pengunjung museum  tidak diperbolehkan untuk mengambil foto sembarangan. Namun, ada beberapa spot khusus dimana pengunjung diperbolehkan untuk mengambil foto. Salah satunya di area replika relief miring Candi Borobudur, dimana relief ini menggambarkan menurunnya minat generasi muda terhadap seni dan budaya Jawa.

Menurut saya, mengunjungi Museum Ullen Sentalu merupakan pengalaman yang mengasyikkan. Saya mungkin akan datang ke sini lagi di masa depan.

 

Bagikan:

Lihat Berita Lainnya.

4 Tips Siap Hadapi ASAT

4 Tips Siap Hadapi ASAT

Tidak terasa sebentar lagi akan masuk ke pekan ASAT. Berikut 4 tips menghadapi ASAT (ujian sekolah) : Belajar ASAT...

Amanah, penting gak sih?

Amanah, penting gak sih?

Apa itu amanah? Amanah secara umum merujuk pada kepercayaan, kejujuran, dan tanggung jawab. Konsep ini sangat penting...

Style Remaja Islam

Style Remaja Islam

"Allah mengutuk wanita yang meniru pakaian dan sikap lelaki, dan lelaki yang meniru pakaian dan sikap perempuan."...