Kemeriahan Festival Isra Mi’raj dan Hari Bahasa Ibu Internasional di SMP Darul Hikam

21/02/2023

Oleh: Anggota Ekstrakuriler Citizen Journalism

(Amirah & Adinda Kelas 73)

Semarak peringatan Isra Mi’raj dan Hari Bahasa Ibu Internasional begitu terasa di SMP Darul Hikam, Selasa, 21 Februari 2023 lalu. Berbagai kegiatan terlaksana dengan penuh keseruan, mulai dari pembukaan kegiatan melalui Apel berbahasa Sunda, bazar, kegiatan praktik memainkan aneka permainan sunda, live music, pelaksanaan takmir masjid, lomba biantara, tausiyah dan diakhiri dengan adanya lomba cerdas cermat tentang wawasan Islam dan peristiwa Isra Mi’raj.

Pada pelaksanaan apel, patriot yang bertugas adalah perwakilan patriot kelas 72. Daffa sebagai pemimpin apel, Aimy sebagai pembaca al-quran, Atma pembaca tausiyah, dan Kepala Sekolah SMP Darul Hikam, Bapak Yudianto S.S, sebagai pembina apel.

Setelah apel selesai, seluruh patriot dipersilahkan untuk menyiapkan peralatan dan bahan makanan yang akan mereka jual ketika bazar berlangsung. Seluruh kelas berkesempatan untuk berjualan di bazar tersebut. Berbagai macam stand dapat ditemukan disini, ada stand makanan, stand minuman, stand face painting, stand photo booth, dan ada stand  handmade accessories. 

                                                  Suasana Bazar Kelas Patriot SMP Darul Hikam

Pada saat bazar berlangsung, patriot SMP Darul Hikam juga memiliki kesempatan untuk mencoba memainkan berbagai jenis permainan dari daerah Sunda, seperti bakiak, gundu, boy-boyan, galah asin, sapintrong, engklek, congklak dan bermain bola bekel. Seluruh, patriot terlihat sangat antusias ketika mereka mencoba permainan-permainan tradisional tersebut. 

     Patriot SMP Darul Hikam Mencoba                               Permainan Bakiak

Setelah acara bazar dan praktik kaulinan sunda selesai, seluruh patriot SMP Darul Hikam berkumpul di lapangan untuk bersama-sama mengikuti kegiatan pematerian dan refleksi bersama makna dari permainan-permainan tradisional yang mereka mainkan sebelumnya.

Usai pematerian, acara dilanjutkan dengan lomba biantara Bahasa Sunda. Lomba ini diikuti oleh 14 perwakilan patriot SMP Darul Hikam dari  masing-masing kelas 7, 8, 9. Nomor urut peserta ditentukan berdasarkan undian. 

              Salsa dari Kelas 92 Mengikuti Lomba Biantara Bahasa Sunda

Bersamaan dengan lomba biantara, beberapa patriot perwakilan dari setiap kelas bersama satu guru pembimbing mengikuti kegiatan takmir masjid yang dilaksanakan di tiga masjid berbeda yang berada di sekitar SMP Darul Hikam. Pada kegiatan takmir masjid ini setiap patriot saling bekerjasama untuk membereskan dan membersihkan masjid. Kemudian seluruh patriot melaksanakan sholat dzuhur secara berjamaah, dan ditutup dengan pemberian cinderamata berupa vacuum cleaner, dispenser, dan pewangi ruangan otomatis kepada pihak DKM masjid.

                                        Patriot Membersihkan Masjid pada Kegiatan Takmir Masjid

Rangkaian kegiatan selanjutnya adalah tausyiah yang membahas tentang perjalanan Isra Mi’raj Nabi Muhammad S.A.W dari Mekkah ke Masjidil Aqsa, kemudian dari Masjidil Aqsa ke Sidratul Muntaha di langit ketujuh.

Acara kemudian diakhiri dengan pelaksanaan babak final lomba cerdas cermat yang disaksikan oleh seluruh patriot 7, 8, dan 9 SMP Darul Hikam. Babak final ini berjalan dengan sungguh menarik, setiap kelompok yang bertanding benar-benar bersaing ketat untuk menjadi juara pertama.

Secara umum, acara Festival Isra Mi’raj dan Hari Bahasa Ibu Internasional di SMP Darul Hikam berjalan dengan sangat meriah, seru, dan menarik. Seluruh patriot SMP Darul Hikam juga terlihat sangat gembira selama kegiatan berlangsung.

Bagikan:

Lihat Berita Lainnya.

4 Tips Siap Hadapi ASAT

4 Tips Siap Hadapi ASAT

Tidak terasa sebentar lagi akan masuk ke pekan ASAT. Berikut 4 tips menghadapi ASAT (ujian sekolah) : Belajar ASAT...

Amanah, penting gak sih?

Amanah, penting gak sih?

Apa itu amanah? Amanah secara umum merujuk pada kepercayaan, kejujuran, dan tanggung jawab. Konsep ini sangat penting...

Style Remaja Islam

Style Remaja Islam

"Allah mengutuk wanita yang meniru pakaian dan sikap lelaki, dan lelaki yang meniru pakaian dan sikap perempuan."...